• Contoh_RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK


    RENCANA PEMBELAJARAN TEMATIK

    Kelas/Semester            : II/I
    Tema                           : Hak dan Kewajiban Anggota Keluarga
    Judul                           : Tolong Menolong
    Waktu                         : 1 Minggu (6 X 175 menit) Minggu IX

    I.                   KOMPETENSI DASAR
    A.    PKn.
    1.2. Melaksanakan hidup rukun saling berbagi dan tolong menolong di sekolah dan di rumah
    B.     BAHASA INDONESIA
    4.1. Melengkapi cerita sederhana dengan kata yang tepat
           C. MATEMATIKA
                2.1. Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam
           D. IPA
                1.3. Mengidentifikasi beberapa tempat hidup makhluk hidup
           E. IPS
                1.2. Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagai sumber cerita
           F. SBK
                3.1. Membedakan antara nada dan irama

    II.                INDIKATOR
    A.    PKN
    1.2.2. Menjelaskan akibat tidak rukun di rumah dan di sekolah
    1.2.3. Menyebutkan manfaat hidup rukun
    B.     BAHASA INDONESIA
    4.1.2. Menulis kalimat yang didikte guru
    C.     MATEMATIKA
    2.1.2. Menuliskan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam
    2.1.3. Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam
    D.    IPA
    1.3.4. Memberi contoh tumbuhan yang hidup pada tumbuhan lain
    E.     IPS
    1.2.2. Menceritakan pengalaman penting dalam menggunakan dokumen keluarga      (akta, SIM, KTP)
    F.      SBK 
    3.2.3. Menjelaskan perbedaan nada dan irama



    III.             PENGALAMAN BELAJAR

    A.    PKN
    ·       Menjelaskan manfaat hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari
    B.     BAHASA INDONESIA
    ·         Menuliskan kalimat yang didikte guru dengan huruf tegak bersambung
    C.     MATEMATIKA
    ·         Menuliskan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam
    ·         Menyatakan lama waktu kegiatan dalam satuan jam
    ·         Menyelesaikan soal cerita yang mengandung konsep lama waktu kegiatan dalam satuan jam
    D.    IPA
    ·         Menyebutkan contoh tumbuhan yang hidup pada tumbuhan lain melalui pengamatan
    E.     IPS
    ·         Menceritakan pengalaman penting menggunakan dokumen keluarga (akta, SIM, KTP, dll)
    F.      SBK
    ·         Menyebutkan perbedaan nada dan irama

    IV.             MATERI POKOK

    A.    PKN
    ·         Hidup rukun
    B.     BAHASA INDONESIA
    ·         Cerita sederhana
    C.     MATEMATIKA
    ·         Satuan pengukuran
    D.    IPA
    ·         Tempat hidup makhluk hidup
    E.     IPS
    ·         Dokumen diri sendiri dan keluarga
    F.      SBK
    ·         Nada dan irama

    V.                KEGIATAN BELAJAR

    A.    Pendahuluan
    1.      Berdoa bersama
    2.      Absensi kelas
    3.      Menyanyikan lagu Satu-Satu

    B.     Kegiatan Inti
    1.      Guru bercerita tentang arti lagu tersebut
    2.      Secara bergantian siswa menceritakan kehidupan dalam keluarganya
    3.      Guru menanggapi cerita dari masing-masing siswa
    4.      Guru bercerita kehidupan yang rukun di rumah dan sekolah
    5.      Tanya jawab tentang manfaat hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari
    6.      Menjelaskan akibat bila tidak ada kerukunan dalam kehidupan sehari-hari
    7.      Guru dan siswa saling member contoh perilaku hidup rukun di rumah dan sekolah
    8.      Secara klasikal siswa menyanyikan lagu “Bangun Tidur”.
    Bangun Tidur

    Bangun tidur ku terus mandi
    Tidak lupa menggosok gigi
    Habis mandi ku tolong ibu
    Membersihkan tempat tidurku

    9.      Tanya jawab seputar lagu bangun tidur
    10.  Guru memancing keberanian siswa untuk menceritakan kegiatan sehari-hari dari bangun tidur sampai berangkat sekolah
    11.  Guru member tanggapan tentang cerita yang disampaikan siswa
    12.  Guru menuliskan jadwal kegiatan sehari-hari
    13.  Guru menjelaskan pentingnya punya jadwal kegiatan
    14.  Tanya jawab tentang waktu yang ditunjukkan jarum jam
    15.  Secara bergantian siswa dapat menentukan letak jarum jam sesuai waktu yang ditentukan
    16.  Guru menceritakan kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan lama kegiatan itu dilaksanakan
    17.  Siswa melengkapi cerita dengan menyebutkan lama waktu kegiatan itu dilaksanakan
    18.  Siswa menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung
    19.  Guru dan siswa bersama-sama menyanyikan lagu “Lihat Kebunku”
    Lihat Kebunku

    Lihat kebunku penuh dengan bunga
    Ada yang putih dan ada yang merah
    Setiap hari kusiram semua
    Mawar melati semuanya indah

    20.  Siswa menyebutkan beberapa jenis tanaman yang ditanam di kebun
    21.  Guru menampilkan gambar tumbuhan yang hidup di darat, air dan tumbuhan lain
    22.  Siswa mengamati gambar tumbuhan tersebut
    23.  Tanya tentang tempat hidup tumbuhan
    24.  Siswa menyebutkan jenis-jenis tumbuhan yang hidup pada tumbuhan lain
    25.  Guru menjelaskan akibat atau kerugian yang ditimbulkan oleh tumbuhan yang menempel (pohon inang)
    26.  Guru dan siswa menyanyikan lagu “Becak”
    Becak
    Saya mau tamasya berkelilling-keliling kota
    Hendak melihat-lihat keramaian yang ada
    Saya panggilkan becak kereta tak berkuda
    Becak-becak jalan hati-hati
                      Saya duduk sendiri sambil mengangkat kaki
                      Melihat dengan asyik ke kanan dan ke kiri
                      Lihat becakku lari bagaikan tak berhenti
                      Becak-becak jalan hati-hati


    27.  Tanya jawab tentang lagu becak
    28.  Guru memancing keberanian siswa menceritakan pengalaman menarik yang pernah dialami
    29.  Guru menanggapi cerita yang disampaikan masing-masing siswa
    30.  Guru menjelaskan manfaat dokumen dan benda-benda penting (akta, SIM, KTP)
    31.  Siswa menyebutkan dokumen dan benda-benda penting lain yang dimiliki keluarganya
    32.  Guru memperkenalkan notasi angka dan cara membacanya
    33.  Guru memberi contoh cara membaca notasi angka dari nada rendah sampai nada tinggi atau sebaliknya
    34.  Bersama-sama menyanyikan sebuah nada
    35.  Bersama-sama menyanyikan lagu becak diiringi tepuk tangan dan irama yang sesuai
    36.  Secara klasikal membedakan nada dan irama

    C.     Penutup
    1.      Menyanyikan lagu-lagu yang sudah dikenal
    2.      Pemberian tugas/PR
    3.      Berdoa

    VI.             SARANA DAN SUMBER

    A.    Sarana
    1.      Gambar yang menunjang
    2.      Lingkungan sekitar
    3.      Jam dan model jam
    4.      Surat-surat penting (akta, SIM, KTP, dsb)

    B.     Sumber
    1.      Buku Silabus kelas II
    2.      Buku Bahasa Indonesia Kelas II, Inprasa, Aini M. Setyani dan Nurtik
    3.      Buku Matematika Kelas II, Erlangga, M. Khafid S.
    4.      Buku Sains Kelas II, Yudistira, Drs. H. Panut, dkk
    5.      Buku IPS Kelas IIA, Yudistira, Drs. Sudjatmoko A.
    6.      Buku KTK Kelas II, Erlangga, Tim Bina Karya Guru

    VII.          PENILAIAN

    A.    Tes Lisan dalam Proses
    1.      Bagaimana sikapmu terhadap ayah dan ibumu?
    2.      Apakah kamu menyayangi kakak dan adikmu?
    3.      Apakah akibat tidak rukun di rumah?
    4.      Berikan salah satu contoh hidup rukun di sekolah!
    5.      Jam berapa kamu tidur?
    6.      Jam berapa kamu berangkat sekolah?
    7.      Berapa lama kamu berada di sekolah?
    8.      Berapa lama kamu belajar?
    9.      Mengapa pohon jeruk yang ditumbuhi benalu tidak berubah?
    10.  Sebutkan benda-benda atau surat-surat penting yang dimiliki keluargamu!
    11.  Apa yang dimaksud nada?
    12.  Apa yang dimaksud irama?
    13.  Jelaskan perbedaan nada dan irama!
    B.     Tes Tertulis
    a.       PKN
    1.      Sikap hidup rukun harus dimulai sejak….
    2.      Terhadap orang tua kita harus….
    3.      Akibat tidak rukun di rumah adalah akan terjadi….
    4.      Kita menolong teman yang kesulitan dengan rasa….
    5.      Sebelum berangkat ke sekolah harus minta… terlebih dulu
    6.      Mengejek teman adalah perbuatan yang dapat merusak….
    7.      Ada anak yang jatuh dari sepeda, sikap kita seharusnya….
    8.      Saling menyayangi terhadap teman adalah salah satu contoh….
    9.      Apabila kita berbuat kesalahan segera….
    10.  Akibat dari sikap suka bertengkar adalah….
    b.      BAHASA INDONESIA
    Tulislah kalimat yang didiktekan guru berikut ini dengan huruf tegak bersambung!
    1.      Saya berangkat sekolah pukul tujuh
    2.      Setiap hari saya belajar
    3.      Ali dan Dadi bermain bola di lapangan
    4.      Ayah menanam pohon pisang di kebun
    5.      Bunga mawar itu sangat indah
    c.       MATEMATIKA
    Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
    1.       

    Gambar jam disamping menunjukkan pukul….



    2.     
    Gambar jam disamping menunjukkan pukul….


    3.       

    Gambar jam disamping menunjukkan pukul….


    4.       

    Gambarkan  jarum jam di samping menunjukkan pukul 03.00!




    5.     
    Gambarkan jarum jam di samping menunjukkan pukul 10.00!


    6.      Ani belajar dari pukul 07.00 sampai pukul 09.00. Ani belajar selama…jam
    7.      Pertandingan Sepak Bola itu berlangsung pukul 15.00 sampai pukul 18.00. Pertandingan itu berlangsung selama…jam
    8.      Perjalanan antara Wonosobo sampai Semarang 3 jam. Bila ayah berangkat dari Wonosobo pukul 08.00, maka sampai Semarang pukul….
    9.      Perjalanan antara Woonosobo sampai Solo 4 jam. Andi ingin sampai di Solo pukul 11.00. maka ia harus berangkat dari Wonosobo pukul….
    10.  Para siswa belajar di sekolah dari pukul 07.00 sampai 12.00 jadi para sisiwa belajar di sekolah selama…jam.
    d.      IPA
    1.      Sebutkan 3 tumbuhan yang hidup di tumbuhan lain!
    2.      Dimana anggrek hidup?
    3.      Dimana benalu mencari makan?
    4.      Mengapa tumbuhan yang ditumpangi taliputri lama-lama kurus?
    5.      Mengapa tumbuhan yang ditumpangi anggrek tetap subur?
    e.       IPS
    1.      Dokumen sebagai bukti kelahiran adalah….
    a.       Rapor
    b.      Akta kelahiran
    c.       Kartu keluarga
    2.      Foto pernikahan ayah dan ibu merupakan dokumen….
    a.       Keluarga
    b.      Negara
    c.       Pemerintah
    3.      Dokumen keluarga sebaiknya….
    a.       Disimpan
    b.      Dibuang
    c.       Dibakar
    4.      Dokumen keluarga yang berisi seluruh anggota keluarga adalah….
    a.       Akta kelahiran
    b.      KTP
    c.       Kartu keluarga
    5.      Tempat menyimpan foto adalah…
    a.       Amplop
    b.      Album
    c.       Lemari
    6.      Dokumen yang diperoleh setelah lulus sekolah adalah….
    a.       Ijazah
    b.      Rapor
    c.       KTP
    7.      Dokumen dilaminating agar….
    a.       Bagus
    b.      Tidak hilang
    c.       Tidak rusak
    8.      Tempat menyimpan dokumen adalah….
    a.       Laci meja
    b.      Bawah kasur
    c.       Lemari
    9.      Dokumen yang harus dimiliki para pengemudi adalah….
    a.       KTP
    b.      SIM
    c.       Paspor
    10.  Foto dapat digunakan untuk….
    a.       Menghiasi ruang tamu
    b.      Mengenang peristiwa penting
    c.       Menghibur hati
    f.       SBK
    1.      Apa yang dimaksud nada?
    2.      Termasuk nada atau iramakah suara binatang?
    3.      Termasuk apakah suara musik itu?
    4.      Sebutkan 7 buah nada secara urut!
    5.      Sebutkan perbedaan antara nada dan irama!


    Mengetahui,                                                                Ngadimulyo, 3 Oktober 2010
              Kepala Sekolah                                                                         Guru Kelas



            SRI SUHARTINI                                                                   TITIK LUSMIYATI
    NIP. 19641006 198405 2 003                                                NIP. 19560507 197802 2 004
  • 0 komentar: