II. KETERAMPILAN ILMIAH : BERTANYA
Sebuah pertanyaan adalah kalimat interogatif yang membutuhkan jawaban. Sebuah pertanyaan dinyatakan dalam bahasa yang sederhana, jelas, langsung dan dapat dimengerti oleh siswa. Sebuah pertanyaan yang baik merangsang pemikiran dan sebaiknya disesuaikan dengan umur, kemampuan dan minat siswa.
Kegiatan 1.
- Buatlah pertanyaan dari pelajaran yang telah dipelajari!
- Buatlah daftar pertanyaan yang dirasa penting untuk melengkapi pengertian dari materi yang telah dipelajari
- Pertanyaan mengklasifikasi:
“manakah dari hewan-hewan berikut yang termsuk serangga?”
- Pertanyaan memprediksi
“Apa yang akan terjadi pada tingkat terangnya lampu apabila dgunkan kbel yang panjang?”
- Pertanyaan mengendalikan variabel
“Apa saja variabel yang mempengaruhi ukuran gelembung sabunyang kau tiup?”
- Pertanyaan menginterpretasi data eksperimen
“Apa yang ditunjukkan oleh adanya perubahan warna hijau dan merah muda pada jus kubis ungu?”
Kegiatan2. Jodohkan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan keterampilan proses sainsnya
……………………… 1. Manakah tanaman yang lebih kokoh, yang tumbuh ditempat
terang atau di tempat gelap ?
................................... 2. Kebanyakan uap air dalam awan berasal dari laut. Mengapa
air hujan tidak hanya jatuh di laut tetapi juga di tempat lain?
................................... 3. Tanaman mana yang kamu pikir akan tumbuh lebih baik ?
................................... 4. Berapakah temperaturnya?
................................... 5. Apakah hewan tersbut melakukan reaksi terhadap adanya
sinar atau gelap?
................................... 6. Bidang miring dengan panjang berapa yang paling baik
kerjanya?
................................... 7. Apa yang dapat kamu gerakkan dengan meniupkan udara
melaui sedotan itu?
.................................. 8. Biji tumbuhan apa yang menempel di kaus kaki atau bajumu
bila kamu berjalan melalui padang gulma itu
.....................................9. Apa yang terjadi dengan jumlh gerakan operkulum ikan
emas bila temperatur diturunkan?
...................................10. Berapa lama terjadinya gelembung-gelembung udara dalam
larutan tersebut?
Jawaban
- membandingkan
- menyusun hipotesis/mengkomunikasikan
- memprediksi
- mengukur
- mengamati
- merancang eksperimen
- mengkomunikasikan
- mengklasifikasi
- mengkomunikasikan
- mengukur
Pertanyaan Berdasarkan Taksonomi Bloom
Pertanyaan juga dapat ditulis berdasarkan Taksonomi Bloom, dengan penjabaran sebagai berikut. Pertanyaan pda tingkat:
- Pengetahuan : menanyakan fakta yang diingat
Contoh: Apa saja empat hal yang diperlukan rusa agar dapat hidup lestari di habitatnya?
- Pemahaman: merangsang respon terhadap informasi yang diingat siswa yang dinyatakan dengan kata-kata siswa sendiri.
Contoh: Nyatakan dengan kata-katamu sendiri apa yang dimaksud dengan rekayasa genetika
- Penerapan : menyebabkan siswa menggunakan informasi yang sudah dimiliki dan berpikir mengenai bagaimana menggunakan informasi untuk digunakan dalam konteks baru
Contoh: Bagaimana penggunaan rekayasa genetika dalam kehidupan manusia dewasa ini?
- Analisis : menuntut siswa memecah apa yang sudah diketahui menjadi bagian yang lebih kecil untuk diperiksa adanya perbedaan, pola dll
Contoh: Perhatikan kurva populasi rusa. Apa yang terjadi pada ukuran kawanan rusa bila sumber makanannya menurun?
- Sintesis: merangsang siswa untuk mempertimbangkan variasi, ide baru atau kesempatan yang asli
Contoh : Apa saja faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kurva populsi rusa?
- Evaluasi : menuntut siswa membuat pilihan dan memberikan alasan
Contoh: Mengapa pola cuaca mempengaruhi pertumbuhan populasi rusa?
Kegiatan 3. Buatlah kalimat pertanyaan tentang ekosistem dengan menggunakan taksonomi Bloom
0 komentar:
Posting Komentar