RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VI / I
Pertemuan Ke : 9
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit ( 1 x pertemuan )
Standar Kompetensi : Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Menggunakan sifat – sifat operasi hitung termasuk operasi campuran FPB dan KPK
Indikator : Mencari FPB dari dua atau tiga bilangan
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menentukan FPB dari dua bilangan dengan tekhnik uraian
2. Siswa dapat menentukan FPB dari dua bilangan dengan teknik faktorisasi prima
II. Materi Pokok
Operasi hitung bilangan bulat
- Menentukan FPB dari dua bilangan
a. Dengan teknik uraian
contoh : Faktor dari 8 adalah 1, 2, 4, 8
Faktor dari 12 adalah 1, 2, 3, 4, 6
Faktor persekutuan terbesarnya adalah 4 / FPB dari 8 dan 12 adalah 4
b. Dengan Faktorisasi prima
Contoh : Faktor prima dari 18 adalah 2 x 3 x 3 = 2 x 32
Faktor prima dari 24 adalah 2 x 2 x 2 x 3 = 23 x 3
FPB dari 18 dan 24 = 2 x 3 = 6
III. Metode Pembelajaran
1. Metode Tugas
2. Metode Demontrasi
3. Metode Ceramah
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1. Guru mengulang konsep faktor persekutuan dan faktorisasi prima
2. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok
B. Kegiatan Inti
1. Guru memberi contoh menentukan FPB dengan teknik uraian
2. Guru memberi contoh dan menjelaskan cara menentukan FPB dengan teknik faktorisasi prima
3. Siswa diminta untuk menentukan FPB dari dua bilangan baik secara individu maupun secara kelompok
4. Siswa diminta untuk melaporkan hasil kerja kelompok
C. Kegiatan Akhir
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang cara menentukan FPB
2. Guru mengumumkan hasil kerja kelompok
V. Alat dan Sumber Bahan
A. Sumber : Buku Matematika kelas VI Semester I
B. Alat : Alam sekitar, gambar pohon faktor
VI. Penilaian
A. Kognitif : Tes tertulis / lisan
B. Afektif : Pengamatan, skala sikap
C. Psikomotor : Produk, hasil karya, portofolio
LEMBAR PENILAIAN
MATEMATIKA
A. Kognitif
No. | Butir – butir soal | Kunci jawaban |
* 1. 2. 3. 4. 5. | Tentukan FPB dari pasangan bilangan di bawah ini 14 dan 22 20 dan 32 28 dan 48 36 dan 45 56 dan 72 | 2 4 4 3 8 |
B. Lembar pengamatan / afektif (diamati saat kerja kelompok atau saat mengikuti KBM)
No. | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Skor Nilai | ||
Keberanian | Kerjasama | Tng jawab | |||
| | | | | |
Ket : Keberanian = 10 – 40, Kerjasama = 10 – 30, Tanggung Jawab = 10 – 30
C. Psikomotor : Portofolio / unjuk kerja
Lembar tugas
Tentukan FPB dari pasangan bilangan berikut, dengan teknik uraian ! a. b. c. d. e. Tentukan FPB dari pasangan bilangan berikut, dengan teknikfaktorisasi prima ! a. b. c. d. e |
Sudungdewo, 12 Juli 2010
Kepala SD 1 Sudungdewo Guru Kelas
PURWOTO, S.Pd. PRIYONO, S.Pd.
NIP. 196201101982011004 NIP. 19700820200501101
No | DILAKSANAKAN PADA | TANDA TANGAN | KETERANGAN | |
| Tahun Pelajaran | Guru | Kepala Sekolah | |
1 | 2010/2011 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
| ||||
2 | 2011/2012 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
| ||||
3 | 2012 / 2013 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
| ||||
4 | 2013 / 2014 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VI / I
Pertemuan Ke : 10
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
Standar Kompetensi : Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Menggunakan sifat – sifat operasi hitung termasuk operasi campuran FPB dan KPK
Indikator : Mencari FPB dari dua atau tiga bilangan
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menentukan FPB dari tiga bilangan dengan tehnik uraian
2. Siswa dapat menentukan FPB dari tiga bilangan dengan tehnik faktorisasi prima
3. Siswa dapat menentukan FPB dari tiga bilangan dengan tehnik tabulasi bilangan.
II. Materi Pokok
Operasi hitung bilangan bulat
- Menentukan FPB dari tiga bilangan
a. Dengan tehnik uraian
Contoh : 8 Faktornya adalah 1, 2, 4, 8
12 faktornya adalah 1, 2, 3, 4, 6, 12
16 faktornya adalah 1, 2, 4, 8, 16
FPB dari 8, 12 dan 16 adalah 4
b. Dengan tehnik faktorisasi prima
Contoh : Faktor prima dari 18 = 2 x 3 x 3 = 2 x 32
Faktor prima dari 12 = 2 x 2 x 3 = 22 x 3
Faktor prima dari 24 = 2 x 2 x 2 x 3 = 23 x 3
FPB dari 18, 12 dan 24 adalah = 2 x 3 = 6
c. Dengan tabel
| 12 | 18 | 24 |
2 3 2 3 | 6 2 1 1 | 9 3 3 1 | 12 6 3 1 |
FPB dari 12, 18 dan 24 = 2 x 3 = 6
III. Metode Pembelajaran
1. Metode Tugas
2. Metode Demontrasi
3. Metode Ceramah
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1. Guru mengulang konsep menentukan FPB dari dua bilangan
2. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok
B. Kegiatan Inti
1. Guru memberi contoh dan menjelaskan cara menentukan FPB dari tiga bilangan dengan tehnik uraian
2. Guru memberi penjelaskan dan memberi contoh cara menentukan FPB dari tiga bilangan dengan tehnik faktorisasi prima dan tabel
3. Siswa diminta menentukan FPB dari tiga bilangan secara individu di papan tulis secara bergantian maksimal 3 anak secara berurutan
4. Siswa diminta untuk mengerjakan tugas secara kelompok
5. Siswa melaporkan hasil kerja kelompok
C. Kegiatan Akhir
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang menentukan FPb dari tiga bilangan
2. Guru mengumumkan hasil kerja kelompok
V. Alat dan Sumber Bahan
A. Sumber : Buku Matematika 6 Semester I
B. Alat : Alam sekitar, tabel faktorisasi prima
VI. Penilaian
A. Kognitif : Tes tertulis / lisan
B. Afektif : Pengamatan, skala sikap
C. Psikomotor : Produk, hasil karya, portofolio
LEMBAR PENILAIAN
MATEMATIKA
A. Kognitif
No. | Butir – butir soal | Kunci jawaban |
* 1. 2. 3. 4. 5. | Tentukan FPB dari pasangan bilangan di bawah ini ! 20, 24 dan 36 42, 60 dan 84 50, 90 dan 110 80, 120 dan 360 30, 90 dan 246 | 2 x 2 = 22 = 4 2 x 3 = 6 2 x 5 = 10 2 x 2 x 2 x 5 = 23 x 5 = 40 2 x 3 = 6 |
B. Lembar pengamatan / afektif (diamati saat kerja kelompok atau saat mengikuti KBM)
No. | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Skor Nilai | ||
Keberanian | Kerjasama | Tng jawab | |||
| | | | | |
Ket : Keberanian = 10 – 40, Kerjasama = 10 – 30, Tanggung Jawab = 10 – 30
C. Psikomotor : Portofolio / unjuk kerja
Lembar tugas
Sudungdewo, 12 Juli 2010 Kepala SD 1 Sudungdewo Guru Kelas PURWOTO, S.Pd. PRIYONO, S.Pd. NIP. 196201101982011004 NIP. 197008202005011010 |
No | DILAKSANAKAN PADA | TANDA TANGAN | KETERANGAN | |
| Tahun Pelajaran | Guru | Kepala Sekolah | |
1 | 2010/2011 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
| ||||
2 | 2008/2009 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
| ||||
3 | 2009 / 2010 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
| ||||
4 | 2010 / 2011 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VI / I
Pertemuan Ke : 11
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
Standar Kompetensi : Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Menggunakan sifat – sifat operasi hitung termasuk operasi campuran FPB dan KPK
Indikator : mencari KPK dari 2 atau 3 bilangan
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menentukan KPK dari 2 atau 3 bilangan dengan tehnik himpunan kelipatan
2. Siswa dapat menentukan KPK dari 2/3 bilangan dengan tehnik faktorisasi prima
3. Siswa dapat menentukan KPK dari 2/3 bilangan dengan tehnik tabel
II. Materi Pokok
Operasi hitung bilangan bulat
- Menentukan KPK dari 2 dan 3 bilangan
a. Dengan himpunan kelipatan
Contoh : Kelipatan dari : 6 adalah 6, 12, 18, 24, 30, 36, 42, ….
8 adalah 8, 16, 24, 32, 40, 48, ….
KPK dari 6 dan 8 adalah 24
b. Dengan faktorisasi
KPK diperoleh dari hasil perkalian semua faktor. jika ada yang sama diambil faktor dengan pangkat terbesar
Contoh : 24 = 2 x 2 x 2 x 3 = 23 x 3
36 = 2 x 2 x 3 x 3 = 22 x 32
KPK dari 24 dan 36 = 23 x 32 = 8 x 9 = 72
c. Dengan Tabel
| 24 | 36 |
2 2 3 | 12 6 2 | 18 9 3 |
KPK dari 24 dan 36 = 2 x 2 x 3 x 2 x 3 = 72
III. Metode Pembelajaran
1. Metode Tugas
2. Metode Demontrasi
3. Metode Ceramah
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1. Guru mengulang konsep kelipatan dan faktorisasi prima
2. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok
B. Kegiatan Inti
1. Guru menguraikan kelipatan dua bilangan siswa diminta menentukan kelipatan yang sama yang paling kecil
2. Guru memberi contoh faktorisasi prima dari dua atau tiga bilangan siswa diminta menentukan faktor yang harus di kalikan dan menentukan hasil perkalian
3. Siswa diminta untuk menentukan KPK secara individu di papan tulis
4. Siswa secara kelompok diminta untuk menentukan KPK dari dua atau tiga bilangan dan melaporkan kepada guru hasil kerja kelompok
C. Kegiatan Akhir
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang tehnik menentukan KPK dari dua atau tiga bilangan
2. Guru mengumumkan kelompok terbaik hari ini
V. Alat dan Sumber Bahan
A. Sumber : Buku Matematika 6 Semester I
B. Alat : alam sekitar, model pohon faktor, tabel faktorisasi prima
VI. Penilaian
A. Kognitif : Tes tertulis
B. Afektif : Pengamatan, skala sikap
C. Psikomotor : Produk, hasil karya, portofolio
LEMBAR PENILAIAN
MATEMATIKA
A. Kognitif : TErtulis / lisan : Mencongak
No. | Butir – butir soal | Kunci Jawaban | ||||||
1. 2. 3. 4. 5. | Tentukan KPK dari pasangan bilangan di bawah ini dengan tehnik himpunan kelipatan atau faktorisasi prima 6 dan 9 12 dan 14 16, 24 dan 30 24, 72 dan 84 36 dan 124 | a. 6 = 6, 12, 18, 24, 30,... 9 = 9, 18, 27, 36, …. KPK = 18 b. 6 = 2 x 3 9 = 3 x 3 = 32 KPK = 2 x 32 = 18 a. 12 = 12, 24, 36, 48, 60, 72, 84, …. 14 = 14, 28, 42, 56, 70, 84, …. KPK = 84 b. 12 = 2 x 2 x 3 = 22 x 3 14 = 2 x 7 KPK = 22 x 3 x 7 = 4 x 3 x 7 = 84 16 = 2 x 2 x 2 x 2 = 24 24 = 2 x 2 x 2 x 3 = 23 x 3 30 = 2 x 3 x 5 KPK = 24 x 3 x 5 24 = 2 x 2 x 2 x 3 = 23 x 3 72 = 2 x 2 x 2 x 3 x 3 = 23 x 32 84 = 2 x 2 x 3 x 7 = 22 x 3 x 7 KPK = 23 x 32 x 7 = 8 x 9 x 7 = 504
KPK = 2 x 2 x 3 x 3 x 7 = 22 x 32 x 7 = 4 x 9 x 7 = 252 |
No | DILAKSANAKAN PADA | TANDA TANGAN | KETERANGAN | |
| Tahun Pelajaran | Guru | Kepala Sekolah | |
1 | 2010/2011 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
| ||||
2 | 2008/2009 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
| ||||
3 | 2009 / 2010 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
| ||||
4 | 2010 / 2011 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VI / I
Pertemuan Ke : 12
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
Standar Kompetensi : Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Menggunakan sifat – sifat operasi hitung termasuik operasi canmpuran FPB dan KPK
Indikator : Menggunakan FPB dalam meringkas pecahan dalam praktek kehidupan sehari – hari
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyederhanakan pecahan dengan menggunakan FPB
2. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita, tentang masalah dalam kehidupan sehari – hari dengan menggunakan FPB
3. Siswa dapat menentukan perbandingan dua bilangan dengan konsep FPB
II. Materi Pokok
Operasi hitung bilangan bulat
a. Menggunakan FPB untuk menyederhanakan pecahan
Contoh : Tentukan bentuk sederhana dari !
Jawab : 24 = 2 x 2 x 2 x 3 = 23 x 3
40 = 2 x 2 x 2 x 5 = 23 x 5
FPB dari 24 dan 40 = 23 = 8
Jadi : = =
b. Menggunakan FPB untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari – hari dan menentukan perbandingan suatu bilangan.
Contoh : Dikelas VI akan di bentuk regu kerja
Jumlah siswa 24 orang dan siswi 36 orang
Jika tiap kelompok jumlah siswa dan siswi sama
a. Berapa kelompok yang dapat di bentuk
b. Berapa banyak siswa dan siswi dalam tiap kelompok seryta berapa banyak anak siswa dengan siswi !
Jawab : 24 = 2 x 2 x 2 x 3 = 23 x 3
36 = 2 x 2 x 3 x 3 = 22 x 32
FPB dari 24 dan 36 adalah 22 x 3 = 12
Jadi a. Banyak kelompok ada 12
b. Jumlah siswa tiap kelompok 24 = 12 = 2 orang
Jumlah siswi tiap kelompok 36 = 12 = 3 orang
Jumlah anak tiap kelompok 2 + 3 = 5 orang
c. Perbandingan siswa dan siswi = 2 : 3
III. Metode Pembelajaran
1. Metode Tugas
2. Metode Demontrasi
3. Metode Ceramah
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1. Guru mengulang konsep FPB
2. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok
B. Kegiatan Inti
1. Guru memberi contoh dan menjelaskan cara menyederhanakan pecahan dengan menggunakan FPB
2. Siswa diminta untuk menyederhanakan pecahan dengan menggunakan FPB di papan tulis dua siswa secara bergantian
3. Guru memberi contoh menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan kehidupan sehari – hari dengan menggunakan FPB dan menentukan perbandingan dengan konsep FPB
4. Siswa di beri kesempatan untuk menyelesaikan soal cerita dan menentukan perbandingan dengan menggunakan FPB secara kelompok serta melaporkannya kepada guru secara kelompok
C. Kegiatan Akhir
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang penggunaan FPB
2. Guru mengumumkan hasil kerja kelompok
V. Alat dan Sumber Bahan
A. Sumber : Buku Matematika 6 Semester I
B. Alat : Lingkungan sekitar
VI. Penilaian
A. Kognitif : Tes tertulis / lisan ( mencongak )
B. Afektif : Pengamatan, skala sikap
C. Psikomotor : Produk, hasil karya, portofolio
LEMBAR PENILAIAN
MATEMATIKA
A. Kognitif : Tes tertulis
1. Tentukan bentuk sederhana dari bilangan – bilangan pecahan di bawah ini dengan mengunakan FPB
Butir – butir soal | Kunci jawaban |
a. b. c. | a. 28 = 2 x 2 x 7 = 22 x 7 40 = 2 x 2 x 2 x 5 = 23 x 5 FPB = 2 x 2 = 24 = 4 Jadi = = b. 36 = 2 x 2 x 3 x 3 = 22 x 32 60 = 2 x 2 x 3 x 5 = 22 x 3 x 5 FPB = 2 x 2 x 3 = 22 x 3 = 12 Jadi = = c. 72 = 2 x 2 x 2 x 3 x 3 = 23 x 32 84 = 2 x 2 x 3 x 7 = 22 x 3 x 7 FPB = 22 x 3 = 4 x 3 = 12 Jadi = = |
2. Di kelas VI akan di bentuk regu belajar jumlah siswa 28 orang dan jumlah siswi sama maka :
a. Berapa kelompok dapat di bentuk
b. Berapa banyak siswa dan siswi tiap kelompok serta
Berapa banyak anak tiap kelompok
c. Berapa perbandingan siswa dan siswi
Kunci jawaban No. 2
jawab : 28 = 2 x 2 x 7 = 22 x 7
32 = 2 x 2 x 2 x 2 x 2 = 25
FPB = 22 = 4
Jadi : a. Banyak kelompok ada 4
b. Jumlah siswa tiap kelompok 28 : 4 = 7
Jumlah siswi tiap kelompok 32 : 4 = 8
Jumlah anak tiap kelompok 7 + 8 = 15
c. Perbandingan siswa dan siswi 7 : 8
B. Lembar pengamatan / Afektif ( diamati sast kerja kelompok atau mengikuti KBM )
No. | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Skor Nilai | ||
Keberanian | Kerjasama | Tng jawab | |||
| | | | | |
Ket : Keberanian = 10 – 40, Kerjasama = 10 – 30, Tanggung Jawab = 10 – 30
C. Psikomotor : Portofolio / unjuk kerja
Lembar tugas
|
No | DILAKSANAKAN PADA | TANDA TANGAN | KETERANGAN | |
| Tahun Pelajaran | Guru | Kepala Sekolah | |
1 | 2010/2011 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
| ||||
2 | 2008/2009 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
| ||||
3 | 2009 / 2010 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
| ||||
4 | 2010 / 2011 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VI / I
Pertemuan Ke : 13
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
Standar Kompetensi : Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Menggunakan sifat – sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
Indikator : MEnggunakan KPK untuk operasi bilangan pecahan
I. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan pecahan dengan menggunakan KPK untuk menyamakan penyebutnya
- Siswa dapat menentukan hasil pengurangan pecahan dengan menggunakan KPK untuk menyamakan penyebutnya
- Siswa dapat menyelesaikan soal cerita / masalah dalam kehidupan sehari – hari dengan menggunakan KPK
II. Materi Pokok
Operasi hitung bilangan bulat
- Menggunakan KPK untuk operasi penjumlahan dan penguranan pecahan
- Menggunakan KPK untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari – hari
contoh 1. +
KPK dari 5 dan 8 adalah 40
Jadi + = + = = 1 = 1
2. Seekor burung Nuri berkicau setiap 9 detik sekali dan burung Kutilang berkicau setiap 12 detik sekali. jika kedua burung berkicau bersama pada pukul 05.00, pukul berapa berkicau bersama lagi ?
Jawab : 9 = 3 x 3 = 32
12 = 2 x 2 x 3 = 22 x 3
KPK dari 9 dan 12 = 32 x 22 = 9 x 4 = 36
Jadi kedua burung berkicau bersama – sama lagi pada
pukul 05.00 + 36 detik = 05.36
III. Metode Pembelajaran
1. Metode Tugas
2. Metode Demontrasi
3. Metode Ceramah
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1. Guru mengulang kembali konsep KPK
2. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok
B. Kegiatan Inti
1. Guru memberi contoh dan menjelaskan tentang cara menentukan hasil penjumlahan bilangan pecahan dengan konsep KPK
2. Guru memberi contoh dan menjelaskan tentang cara menentukan hasil pengurangan pecahan dengan menggunakan KPK
3. Guru memberi contoh pemecahan masalah dalam kehidupan sehari – hari dengan menggunakan KPK
4. Siswa diberi kesempatan untuk menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan pecahan secara individu di papan tulis, dua atau tiga orang bergantian
C. Kegiatan Akhir
Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang penggunaan KPK dalam penjumlahan dan pengurangan pecahan
V. Alat dan Sumber Bahan
A. Sumber : Buku Matematika 6 Semester I
B. Alat : Lingkungan sekitar
VI. Penilaian
A. Kognitif : Tes tertulis / lisan
B. Afektif : Pengamatan, skala sikap
C. Psikomotor : Produk, hasil karya, portofolio
LEMBAR PENILAIAN
MATEMATIKA
A. Kognitif : Tes tertulis / lisan
Butir – butir soal
* Tentukan hasil penjumlahan dan pengurangan pecahan di bawah ini dengn menggunakan KPK untuk menyamakan penyebutnya
1. = ….. 1. 6 = 2 x 3
8 = 2 x 2 x 2 = 23
KPK = 3 x 23 = 3 x 8 = 24
Jadi =
2. 2. 9 = 3 x 3 = 32 8 = 2 x 2 x 2 x 2 = 24
KPK = 32 x 24 = 9 x 8 = 72
Jadi
3. 3. 24 = 2 x 2 x 2 x 3 =23 x 3
16 = 2 x 2 x 2 x 2 = 24
KPK 24 x 3 = 16 x 3 = 48
Jadi
4. 4. 36 = 2 x 2 x 3 x 3 = 22 x 32
22 = 2 x 11
KPK = 22 x 32 x 9 = 4 x 9 x 11 = 396
Jadi
5. Lampu A menyala setiap 8 detik sekali dan lampu B menyala setiap 14 detik sekali. Jika kedua lampu menyala bersama pada pukul 08.00, pukul berapa menyala bersama lagi ?
Jawab : 8 = 2 x 2 x 2 = 23
14 = 2 x 7
KPK = 23 x 7 = 56 detik
Jadi lampu akan menyala bersama lagi pada
pukul 08.00 + 56 detik = 08.56
B. Lembar pengamatan / Afektif (diamati saat kerja kelompok atau saat mengikuti KBM)
No. | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Skor Nilai | ||
Keberanian | Kerjasama | Tng jawab | |||
| | | | | |
Ket : Keberanian = 10 – 40, Kerjasama = 10 – 30, Tanggung Jawab = 10 – 30
C. Psikomotor : Portofolio / unjuk kerja
Lembar tugas
|
No | DILAKSANAKAN PADA | TANDA TANGAN | KETERANGAN | |
| Tahun Pelajaran | Guru | Kepala Sekolah | |
1 | 2010/2011 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
| ||||
2 | 2008/2009 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
| ||||
3 | 2009 / 2010 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
| ||||
4 | 2010 / 2011 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VI / I
Pertemuan Ke : 26
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
Standar Kompetensi : Menggunakan pengukuran, volume, perwaktu dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit
Indikator : Melakukan operasi hitung penjumlahan yang melibatkan satuan pengukuran
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan bilangan bulat yang melibatkan satuan panjang
2. Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan bilangan pecahan yang melibatkan satuan panjang
3. Siswa dapat menjumlahkan dua atau tiga satuan panjang
II. Materi Pokok
Operasi hitung satuan panjang
1. Penjumlahan dengan bilangan bulat
Contoh : 2 km + 6 hm = … dam
2 km = 2 x 100 = 200 dam
6 hm = 6 x 10 = 60 dam
= 260 dam
2. Penjumlahan dengan bilangan pecahan
Contoh : 2,5 hm + 4,7 dam = … m
2,5 hm = 2,5 x 100 = 2500 m
4,7 dam = 4,7 x 10 = 47 m
= 2547 m
3. Penjumlahan dengan 2 atau 3 satuan panjang
Contoh : 8 km + 7 hm + 6 dam
4 km + 5 hm + 8 dam
12 km + 12 hm + 14 dam
III. Metode Pembelajaran
1. Metode Tugas
2. Metode Demontrasi
3. Metode Ceramah
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1. Guru mengulang konsep satuan panjang tentang perubahan dari km ke cm dan sebaliknya
2. Guru membentuk kelompok diskusi
B. Kegiatan Inti
1. Guru memberi contoh dan menjelaskan singkat tentang penjumlahan bilangan bulat yang melibatkan satuan panjang
2. Siswa diberi kesempatan untuk menentukan hasil penjumlahan bilangan pecahan yang melibatkan satuan panjang di papan tulis
3. Guru memberi contoh dan penjelasan singkat cara menentukan penjumlahan yang terdiri dari dua atau tiga satuan panjang
4. Siswa diminta untuk menyelesaikan soal secara kelompok dan melaporkan kepada guru secara kelompok
C. Kegiatan Akhir
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan terhadap penjumlahan bilangan bulat yang melibatkan satuan panjang
2. Guru mengumumkan kelompok terbaik hari ini
V. Alat dan Sumber Belajar
A. Sumber : Buku Matematika 6 Semester I
B. Alat : Lingkungan sekitar, penggaris
VI. Penilaian
A. Kognitif : Tes tertulis / lisan
B. Afektif : Pengamatan, skala sikap
C. Psikomotor : Produk, hasil karya, portofolio
LEMBAR PENILAIAN
MATEMATIKA
No. | Butir – butir soal | Kunci jawaban |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. | 3 km + 8 hm = … dam 4 km + 60 dam = … m 8000 m + 540 hm = … km 3,7 km + 5,5 dam = … m 12hm + 8 dam = … m 14 m + 3 dm = … cm 3,8 km + 1,50 hm = … dam 8 km + 7 hm + 4 dam = … m 6 km + 4 hm + 6 dam = … m … km + … hm + … dam = … m | 380 460 62 3.755 1.330 1.485 395 8.740 6.460 15.200 |
B. Lembar pengamatan / Afektif (diamati saat kerja kelompok atau saat mengikuti KBM)
No. | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Skor Nilai | ||
Keberanian | Kerjasama | Tng jawab | |||
| | | | | |
Ket : Keberanian = 10 – 40, Kerjasama = 10 – 30, Tanggung Jawab = 10 – 30
C. Psikomotor : Portofolio / unjuk kerja
Lembar tugas
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VI / I
Pertemuan Ke : 27
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
Standar Kompetensi : Menggunakan pengukuran, volume perwaktu dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit
Indikator : Mengoperasikan pengurangan yang melibatkan satuan pengukuran
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menentukan hasil pengurangan bilangan bulat yang melibatkan satuan pengukuran (panjang)
2. Siswa dapat menentukan hasil pengurangan bilangan pecahan yang melibatkan satuan pangukuran (panjang)
3. Siswa dapat menetukan hasil pengurangan bilangan desimal yang melibatkan satuan pengukuran (panjang)
4. Siswa dapat mengurangkan dengan 2 atau 3 satuan panjang
II. Materi Pokok
Operasi hitung satuan panjang
- Pengurangan bilangan bulat yang melibatkan satuan panjang
- Pengurangan bilangan pecahan biasa atau desimal yang melibatkan satuan panjang
- Pengurangan dengan 2 atau 3 satuan panjang
III. Metode Pembelajaran
1. Metode Tugas
2. Metode Demontrasi
3. Metode Ceramah
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1. Guru mengulang konsep satuan panjang
2. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok
B. Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan dan memberi contoh pengurangan bilangan bulat yang melibatkan satuan panjang
2. Guru menjelaskan dan memberi contoh pengurangan bilangan pecahan biasa atau desimal yang melibatkan satuan panjang
3. Guru memberi contoh pengurangan dengan 2 atau 5 satuan panjang
4. Siswa diberi kesempatan untuk berdiskusi tentang pengurangan yang melibatkan satuan pengukuran serta melaporkan kepada guru secara kelompok
C. Kegiatan Akhir
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang pengurangan bilangan bulat yang melibatkan satuan pengukuran
2. Guru mengumumkan hasil diskusi siswa
V. Alat dan Sumber Belajar
A. Sumber : Alam sekitar, penggaris
B. Alat : Buku Matematika 6 Semester I
VI. Penilaian
A. Kognitif : Tes tertulis / lisan
B. Afektif : Pengamatan, skala sikap
C. Psikomotor : Produk, hasil karya, portofolio
LEMBAR PENILAIAN
MATEMATIKA
A. Kognitif
No. | Butir – butir soal | Kunci jawaban |
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. | 3 hm 14 dam = … m 5 km – 40 hm = … dam 16 hm – 7.000 dm = … m 5,6 hm – 3,7 dam = … m dam – 20 dm = … cm 10 km + 5 hm + 7 dam 3 km + 2 hm + 6 dam … km + … hm + … dam 12 km + 45 dam + 3.600 m = … m 6 km + 21 dam + 1.400 m = … m … km + … dam + … m = … m 4,7 hm + 3,6 dam + 34,8 dm 2,3 hm + 1,3 dam + 12,0 dm … hm + … dam + …. dm | 160 100 900 523 625 7 km + 3 hm + 1 dam 6 km + 24 dam + 2.200 m = 8.440 m 7,0 hm + 4,9 dam + 47,4 dm |
B. Lembar pengamatan / Afektif (diamati saat kerja kelompok atau saat mengikuti KBM)
No. | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Skor Nilai | ||
Keberanian | Kerjasama | Tng jawab | |||
| | | | | |
Ket : Keberanian = 10 – 40, Kerjasama = 10 – 30, Tanggung Jawab = 10 – 30
C. Psikomotor : Portofolio / unjuk kerja
Lembar tugas
|
No | DILAKSANAKAN PADA | TANDA TANGAN | KETERANGAN | |
| Tahun Pelajaran | Guru | Kepala Sekolah | |
1 | 2010/2011 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
| ||||
2 | 2008/2009 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
| ||||
3 | 2009 / 2010 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
| ||||
4 | 2010 / 2011 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VI / I
Pertemuan Ke : 28
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit (1 x pertemuan)
Standar Kompetensi : Menggunakan pengukuran, volume per waktu dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit
Indikator : Menyelesaikan soal tentang satuan panjang
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita tentang penjumlahan bilangan bulat yang melibatkan satuan pajang
2. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita tentang penjumlahan bilangan pecahan biasa atau pecahan desimal yang melibatkan satuan panjang
3. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan pengurangan bilangan bulat, yang melibatkan satuan panjang
4. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita tentang pengurangfan bilangan pecahan yang melibatkan satuan panjang
II. Materi Pokok
Operasi hitung satuan panjang
- Menyelesaikan soal cerita tentang satuan panjang
III. Metode Pembelajaran
1. Metode Tugas
2. Metode Demontrasi
3. Metode Ceramah
IV. Langkah – langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
1. Guru mengulang konsep penjumlahan dan pengurangan
2. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok
B. Kegiatan Inti
1. Guru memberi contoh cara menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, bilangan pecahan yang melibatkan satuan panjang
2. Guru memberi contoh dan menjelaskan cara menyelesaikan soal cerita tentang penjumlahan bilangan pecahan biasa atau desimal yang melibatkan satuan panjang.
3. Guru memberi contoh penyelesaian soal cerita yang berhubungan dengan pengurangan bilangan bulat, bilangan pecahan yang melibatkan satuan panjang
4. Siswa diminta untuk menyelesaikan tugas secara kelompok dan melaporkan kepada guru secara kelompok
C. Kegiatan Akhir
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang penyelesaian soal cerita
2. Guru mengumumkan kelompok terbaik hari ini
3. Siswa menulis PR
V. Alat dan Sumber Belajar
A. Sumber : Buku Matematika kelas VI Semester I
B. Alat : Alam lingkungan
VI. Penilaian
A. Kognitif : Tes tertulis / lisan
B. Afektif : Pengamatan, skala sikap
C. Psikomotor : Produk, hasil karya, portofolio
LEMBAR PENILAIAN
MATEMATIKA
A. Kognitif
Butir – butir soal
1. Udin bersepeda dari Wonosobo ke Temanggung kemudian ke Magelang pulang pergi. Berapa meter jarak yang di tempuh Udin. Jika jarak Wonosobo – Temanggung 48 km dan Temanggung – Magelang 570 hm ?
2. Ima membeli kain murah 8m dan kain putih 2dm. berapa cm kain yang di beli Ima ?
3. Ida dan Adi pergi ke Yogyakarta naik sepeda motor. Ida dengan kecepatan 65 km/jam sedangkan Adi dengan kecepatan 78.000 m/jam. Berapa hm selisih kecepatan mereka ?
4. Ibu Yuni membeli pita 13,7 diberikan kepada putrinya 35dmapa cm pita milik Ibu Yuni sekarang.
5. Dikembangkan oleh guru bidang studi matematika.
Kunci Jawaban
1. 210 km
2. 900 cm
3. 130 hm
4. 1.015 cm
B. Lembar pengamatan / Afektif (diamati saat kerja kelompok atau saat mengikuti KBM)
No. | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Skor Nilai | ||
Keberanian | Kerjasama | Tng jawab | |||
| | | | | |
Ket : Keberanian = 10 – 40, Kerjasama = 10 – 30, Tanggung Jawab = 10 – 30
C. Psikomotor : Portofolio / unjuk kerja
Lembar tugas
|
No | DILAKSANAKAN PADA | TANDA TANGAN | KETERANGAN | |
| Tahun Pelajaran | Guru | Kepala Sekolah | |
1 | 2010/2011 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
| ||||
2 | 2008/2009 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
| ||||
3 | 2009 / 2010 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
| ||||
4 | 2010 / 2011 | | | |
Hari,Tanggal | ||||
|
0 komentar:
Posting Komentar