• PEDOMAN MERUMUSKAN VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH


    PEDOMAN MERUMUSKAN VISI, MISI,
    DAN TUJUAN SEKOLAH


    A.   Visi
    Visi adalah wawasan yang menjadi sumber arahan bagi madrasah dan digunkan untuk memandu perumusan misi madrasah. Dengan kata lain, visi adalah pandangan jauh ke depan ke mana madrasah akan dibawa. Visi adalah gambaran masa depan yang diinginkan oleh Sekolah agar sekolah  yang bersangkutan dapat menjamin kelangsungan hidup dan perkembangannya.
          Gambaran masa depan  (visi) tentunya harus didasarkan pada landasan yuridis, yaitu undang-undang pendidikan dan sejumlah peraturan pemerintahannya, khususnya tujuan pendidikan nasional sesuai jenjang dan jenis Sekolahnya dan sesuai dengan profil Sekolah yang bersangkutan.

    Dengan kata lain, visi Sekolah harus tetap dalam koridor kebijakan pendidikan nasional, tetapi sesuai dengan kebutuhan anak dan masyarakat yang dilayani. Tujuan pendidikan nasional sama, tetapi profil Sekolah khususnya potensi dan kebutuhan masyarakat yang dilayani Sekolah tidak selalu sama. Oleh karena itu, dimungkinkan Sekolah memiliki visi yang tidak sama dengan Sekolah lain, asalkan tidak keluar dari koridor nasional, yaitu tujuan pendidikan nasional.

    Perhatikan contoh visi Sekolah berikut!

    a.    Sekolah yang terletak di kota besar, peserta didiknya berasal dari keluarga mampu berpendidikan tinggi yangh memiliki harapan anaknya menjadi orang hebat, lulusannya melanjutkan ke Sekolah favorit yang lebih tinggi, dapat merumuskan visinya : UNGGUL DALAM PRESTASI , BERAKHLAQUL KARIMAH, TERAMPIL DAN MANDIRI.

    b.      Sekolah yang terletak di perkotaan, mayoritas peserta didiknya berasal dari keluarga mampu dan hampir seluruh lulusannya ingin melanjutkan ke Sekolah yang lebih tinggi, dapat merumuskan visinya :UNGGUL DALAM PRESTASI BERDASARKAN IMTAQ, TERAMPIL DAN MANDIRI

    c.    Sekolah yang terletak di daerah pedesaan yang umumnya tidak maju dari Sekolah di perkotaan dan banyak peserta didiknya tidak melanjutkan ke Sekolah faforit/berprestasi, dapat merumuskan visinya : TERDIDIK,  TERAMPIL DAN MANDIRI BERDASARKAN IMAN /TAQWA.

    d.    Sekolah yang terletak di daerah pinggiran kota (urban) yang umumnya tingkat kemajuannya menengah dibanding Sekolah di perkotaan atau pedesaan; masyarakatnya pekerja, lingkungannya abangan, perilaku moral rendah, dan banyak peserta didiknya tidak melanjutkan ke Sekolah yang lebih tinggi, dapat merumuskan visinya : BERAKHLAQUL KARIMAH MANDIRI DAN TERAMPIL BERDASARKAN IMTAQ.     



    Keempat visi di atas, sama-sama benar sepanjang masih dalam koridor tujuan pendidikan nasional. Tentu saja, perumusan visi harus disesuaikan dengan tujuan dari setiap jenjang dan jenis Sekolah sebagaimana dituliskan dalam peraturan pemerintah.

    Visi yang pada umumnya dirumuskan dalam kalimat yang filosofis seperti contoh di atas, seringkali memiliki aneka tafsir. Setiap orang dapat menafsirkan secara berbeda-beda sehingga dapat menimbulkan perselisihan dalam implementasinya. Bahkan jika terjadi penggantian pimpinan Sekolah maka kepala Sekolah yang baru tidak jarang memberi tafsir yang berbeda dengan kepala Sekolah sebelumnya. Oleh karena itu, agar tidak memberikan tafsir yang berbeda, visi itu sebaiknya diberikan penjelasan berupa indikator-indikator (penanda-penanda) apa yang dimaksudkannya.

    Perhatikan contoh penjelasan indikator-indikator visi!

    a.    Visi Unggul dalam Prestasi Berdasarkan Imam dan Taqwa dapat dijabarkan indukator sebagai berikut.

    Visi
    Indikator
    Unggul dalam prestasi
    ·     Unggul dalam perolehan UASBN
    ·     Unggul dalam persaingan melanjutkan ke jenjang pendidikan di atasnya
    ·     Unggul dalam karya ilmiah remaja
    ·     Unggul dalam lomba kreativitas
    ·     Unggul dalam lomba kesenian
    ·     Unggul dalam lomba olahraga
    Beriman dan bertaqwa
    ·     Unggul dalam disiplin
    ·     Unggul dalam aktivitas keagamaan
    ·     Unggul dalam kepedulian sosial

    b.    Visi Unggul dalam Beribadah, Berakhlaqul karimah, Berprestasi, dan Terampil  dapat dijabarkan indukator sebagai berikut

    Visi
    Indikator
    Unggul dalam beribadah
    ·     Hafal dan fasih bacaan sholat, gerakan sholat, dan keserasian gerakan dan bacaan
    ·     Hafal dan fasih do’a setelah sholat
    ·     Hafal dan fasih do’a-do’a harian muslim
    ·     Tertib menjalankan sholat fardhu
    ·     Tertib menjalankan sholat sunah rowatib
    ·     Dll
    Unggul dalam berakhlaqul karimah
    ·     Jujur
    ·     Amanah
    ·     Sidiq
    ·     Fatonah
    ·     Disiplin
    ·     Sportif
    ·     Tanggung jawab
    ·     Percaya diri
    ·     Hormat kepada orang tua dan guru
    ·     Menyayangi sesama
    ·     Suka menolong
    ·     Dll
    Unggul dalam prestasi
    ·     Unggul dalam pencapaian nilai UASBN di atas rata-rata Sekolah
    ·     Unggul dalam berbagai lomba mapel
    ·     Unggul dalam lomba KIR
    ·     Unggul dalam berbagai lomba olahraga
    ·     Unggul dalam berbagai lomba seni
    ·     Unggul dalam  lomba keagamaan
    ·     Unggul dalam lomba pidato
    ·     Unggul dalam  lomba menulis kreatif (sastra)
    ·     Dll
    Unggul dalam keterampilan (life skill)
    ·     Terampil mengoperasikan aplikasi komputer dan internet
    ·     Terampil dalam menjalankan keterampilan hidup (life skills)
    ·     Terampil menjadi public speaker
    ·     Dll


    B.   Misi
          Misi adalah tindakan untuk mewujudkan/merealisasikan visi. Karena visi harus mengakomodasi semua kelompok kepentingan di Sekolah, misi dapat juga diartikan sebagai tindakan untuk memenuhi kepentingan tiap-tiap kelompok yang terkait dengan Sekolah.
    Dalam merumuskan misi harus memepertimbangkan tugas pokok Sekolah dan kelompok-kelompok kepentingan yang terkait dengan Sekolah. Dengan kata lain, misi adalah bentuk layanan untuk memenuhi tuntutan yang dituangkan dalam visi dengan berbagai indikatornya.

    Perhatikan contoh jabaran misi berdasarkan visi!

    Visi
    Indikator
    Unggul dalam Prestasi Berdasarkan Iman dan Taqwa
    ·     Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap peserta didik berkembang secara optimal, sesuai dengan potensi yang dimiliki
    ·     Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga madrasah
    ·     Mendorong dan membantu setiap peserta didik untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal
    ·     Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa ssehingga menjadi sumber kearifan dalam bertindak.
    ·     Menerapkan manajemen partisipatif denga melibatkan seluruh warga madrasah dan kelompok kepentingan yang terkait dengan Sekolah.
    Unggul dalam beribadah, berakhlaqul karimah, berprestasi, mandiri dan terampil
    ·     Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan ajaran Islam sehingga peserta didik menjadi tekun beribadah, jujur, disiplin, sportif, tanggung jawab, percaya diri hormat pada orang tua, dan guru serta menyayangi sesama.
    ·     Melaksanakan pembelajaran dan pendampingan secara efektif sehingga setiap peserta didik dapat berkembang secara optimal dengan memiliki nilai UASBN di atas standar minimal, unggul dalam prestasi keagamaan, dan unggul dalam keterampilan sebagai bekal hidup di masyarakat.
    ·     Melaksanakan pembelajaran ekstrakurikuler secara efektif sesuai dengan bakat dan minat sehingga setiap peserta didik memiliki keunggulan dalam belajar mandiri dan  berbagai lomba akademik/non akademik.
    ·      Menumbuhkan sikap gemar membaca dan selalu haus akan pengetahuan serta mandiri dalam belajar berbuat dan bertindak di rumah maupun di sekolah
    ·     Melaksanakan tata tertib Sekolah secara konsisten dan konsekuen.
    ·     Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga Sekolah dan stakeholder.
    ·     Melaksanakan pembinaan dan penelitian peserta didik
    ·     Mengadakan komunikasi dan koordinasi antar Sekolah, masyarakat, orang tua dan instansi lain yang terkait secara periodik berkesinambungan.

    C.   Tujuan Sekolah
          Setelah dirumuskan visi dan misi, selanjutnya Sekolah merumuskan tujuan. Tujuan merupakan ”apa” yang akan dicapai/dihasilkan oleh Sekolah yang bersangkutan dan ”kapan” tujuan akan dicapai. Jika visi dan misi terkait dengan jangka waktu yang panjang, tujuan dikaitkan dengan jangka waktu yang pendek, yaitu + 3 s.d. 5 tahun. Dengan demikian, tujuan pada dasarnya merupakan tahapan wujud Sekolah menuju visi yang telah dicanangkan.
          Jika visi merupakan gambaran Sekolah di masa depan secara utuh (ideal), tujuan yang ingin dicapai dalam jangka waktu 3 s.d 5 tahun mungkin belum seideal visi atau belum selengkap visi. Dengan kata lain, tujuan dapat terwujud sebagian dari visi.

    Perhatikan contoh jabaran tujuan Sekolah berdasarkan visi!

    Visi
    Indikator
    Unggul dalam Prestasi Berdasarkan Iman dan Taqwa
    ·     Pada tahun 2009 rata-rata UASB N mencapai nilai minimal 7,0
    ·     Pada tahun 2009 proporsi lulusan yang melanjutkan ke Sekolah unggul minimal 40%.
    ·     Pada tahun 2009 memiliki kelompok KIR dan  mampu menjadi finalis LKIR tingkat nasional.
    ·     Pada tahun 2009 memiliki tim olahraga minimal 3 cabang dan mampu menjadi finalis tingkat provinsi.
    ·     Pada tahun 2009 memiliki tim kesenian yang mampu tampil pada acara setingkat kabupaten/kota.
    ·     Dll
    Unggul dalam beribadah, berakhlaqul karimah, berprestasi, dan terampil
    Pada akhir tahun ajaran 2009/2010 Sekolah dapat :
    1.  Memperoleh nilai UN rata-rata 7,0.
    2.  Mengoptimalkan proses pembelajaran dengan pendekatan yang bervariasi, inovatif, dan bermakna, di antaranya CTL serta layanan bimbingan dan konseling.
    3.  Meningkatkan jumlah peserta didik yang diterima di Sekolah favorit/unggul sekurang-kurangnya 75% dari jumlah yang lulus.
    4.  Mengembangkan kedisiplinan dariseluruh komponen madrasah (stake holder) untuk membentuk kepribadian yang tangguh dan kokoh sebagai dasar dalam setiap aktivitas serta sebagai aset madrasah.
    5.  Meningkatkan aktivitas dan kreativitas peserta didik melalui pelaksanaan kegiatan intra dan ekstrakurikuler
    6.  Mampu menempatkan diri sebagai Sekolah yang mengembangkan perdidikan berbasis ICT.
    7.  Melestarikan budaya daerah melalui mulok bahasa daerah dengan indikator 85% peserta didik mampu berbahasa Jawa sesuai konteks yang ada.
    8.  Membekali sekurang-kurangnya 95% peserta didik mampu membaca dan menulis Al Qur’an
    9.  Membekali 100% peserta didik mampu mengakses informasi yang positif dari internet
    10.         Membiasakan sekurang-kurangnya 95% peserta didik terbiasa sholat berjamaah.


    (1)  Visi dan Misi

    Visi dan misi satuan pendidikan dirumuskan untuk memenuhi harapan pihak pemangku kepentingan (stakeholders) dari Sekolah yang kita kelola. Visi adalah imajinasi moral yang menggambarkan profil Sekolah yang diinginkan di masa datang.  Ciri-ciri rumusan visi yang baik adalah:

    (i)            Menggambarkan kita mau jadi apa, dan dari bersifat menantang, yaitu rumusan visi mengandung pernyataan yang menantang dan ideal, tetapi bukan berarti tidak bisa dicapai;
    (ii)          Jelas, sehingga tidak menimbulkan pada interpretasi yang bertentangan;
    (iii)         Mudah diingat, oleh sebab itu  dirumuskan dengan beberapa kata saja dan tidak boleh lebih dari 20 - 25 kata;
    (iv)         Memuat pernyataan yang menyatakan kemampuan dan memberdayakan;
    (v)          Memuat nilai Sekolah atau yayasan;
    (vi)         Akan lebih baik apabila bisa digambarkan secara visual;
    (vii)        Menuntut respon semua orang;
    (viii)      Mampu menjadi petunjuk yang melibatkan semua orang yang tindakannya bisa diukur setiap hari; dan
    (ix)         Memperhatikan kebutuhan peserta didik yang hasilnya dapat diukur dari tindakan dan prestasi siswa.


    Contoh Visi Sekolah 1:

    Menjadi Sekolah berstandar nasional yang mampu mencetak insan mandiri, berprestasi, dan  berkepribadian Islami

    Contoh  Visi 2:

    Generasi mandiri, berprestasi, dan berkepribadian Islami

    Contoh Visi 3:

    Sekolah Kebanggaan Umat / masyarakat

    Misi adalah pernyataan yang menggabarkan kegiatan utama untuk mencapai atau mewujudkan/merealisasikan visi tersebut. Karena visi harus mengakomodasi semua kelompok kepentingan yang terkait dengan Sekolah, maka misi dapat juga diartikan sebagai tindakan untuk memenuhi kepentingan masing-masing kelompok yang terkait dengan Sekolah. Dalam merumuskan misi, harus mempertimbangkan tugas pokok Sekolah dan kelompok-kelompok kepentingan yang terkait dengan Sekolah. Dengan kata lain, misi adalah bentuk layanan untuk memenuhi tuntutan yang dituangkan dalam visi dengan berbagai indikatornya. Contoh visi dan misi yang dikembangkan oleh salah satu Sekolah tertera pada Box 02.



    Box 02: Contoh pengembangan visi ke misi
    Contoh Visi dengan indikator visi
    Visi: Unggul dalam prestasi, tangguh dalam kompetisi dan santun dalam pekerti
    Indikator visi
    1.       Mampu bersaing dengan lulusan yang sederajat untuk melanjutkan/diterima di jenjang pendidikan yang lebih tinggi
    2.       Mampu berpikir aktif, kreatif dan keterampilan memecahkan masalah
    3.       Memiliki keterampilan, kecakapan non akademis sesuai dengan bakat dan minatnya
    4.       Memiliki keyakinan teguh dan mengamalkan ajaran agama Islam secara benar dan konsekuen
    5.       Bisa menjadi teladan bagi teman dan masyarakat

    Misi
      1. Menyelenggarakan pendidikan secara efektif  sehingga siswa berkembang secara maksimal.
      2. Menyelenggarakan pembelajaran untuk menumbuhkembangkan kemampuan berpikir aktif, kreatif dan aktif dalam memecahkan masalah
      3. Menyelenggarakan pengembangan diri sehngga siswa dapat berkembang sesuai dengan minat dan bakatnya
      4. Menumbuh kembangkan lingkungan  dan perilaku religius sehingga siswa dapat mengamalkan dan mengahayati agamanya secara nyata.
      5. Menumubuhkembangkan perilaku terpuji dan praktik nyata sehigga siswa dapat menjadi teladan bagi teman dan masyarakatnya. 

    c.Tujuan Sekolah

    Tujuan Sekolah adalah tujuan yang dirumuskan akan dicapai pada kurun waktu 3-4 tahun berdasarkan analisis konteks Sekolah. Tujuan Sekolah sudah memiliki ukuran/kriteria sehingga dapat diukur. Tujuan Sekolah dapat diambil dari Rencana Pengembangan Sekolah.

    Contoh penulisan tujuan madrasah.
    Berdasarkan kondisi Sekolah, pada empat tahun ke depan dirumuskan tujuan-tujuan berikut.

    Dalam waktu empat tahun:

    (i)            Sekolah dapat memenuhi  Standar Isi  dan Standar Proses
    (ii)          Sekolah mengembangkan PAIKEM/CTL 100% untuk semua mata pelajaran
    (iii)         Sekolah mencapai nilai rata-rata UASBN 8,5
    (iv)         Sekolah dapat meningkatkan jumlah siswa  50 %
    (v)          Sekolah memiliki sarana dan prasarana berstandar nasional
    (vi)         Sekolah memiliki tenaga pendidik dan kependidikan berstandar nasional
    (vii)        Sekolah memiliki Tim Lomba Olimpiade Matematika dan IPA yang menjadi juara I tingkat provinsi
    (viii)      Sekolah mengembangkan berbagai wadah/program penghayatan dan pengamalan agama.

  • 14 komentar:

    royyan mengatakan...

    Pedoman yang komplit dan terperinci sehingga mudah dimengerti.
    Ijin Menyimak Kak.
    Terima kasih

    Unknown mengatakan...

    makasih atas postingannya yang udah ngebantu, dan sangat bermanfaat..

    ddycreative mengatakan...
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
    ddycreative mengatakan...

    simple dan mudah dipahami.
    mohon ijin untuk mengutip.
    trims

    Unknown mengatakan...

    Alkhamdulillaahirobbil'aalamiin simple dan mudah dipahami.
    mohon ijin untuk mengutip.
    trims

    samsul mengatakan...

    mantab terima kasih atas pencerahaannya...

    samsul mengatakan...

    izin mengutip

    Anonim mengatakan...

    bermanfaat sekali bagi para pelaku pendidikan

    DULHANAN ALFA GHORAJAWIY mengatakan...

    sungguh bermanfaat bagi pelaku lembaga pendidikan

    syukri mengatakan...

    Luar biasa rinci. Ijin copas

    H4Z3et mengatakan...

    kalau visinya " kuat Imtak,handal Iptek "
    kira2 penjabaran misinya seperti apa ?

    Unknown mengatakan...

    mohon izin copas, terima kasih

    Unknown mengatakan...

    Izin copas, ini sungguh bermanfaat, amin

    INSAN BIASA mengatakan...


    Assalamualaikum..Izin copas, ini sungguh bermanfaat, dan InsyaAlloh akan dikembangkan