• STRATEGI PEMBELAJARAN MENYIMAK—BERBICARA


    STRATEGI PEMBELAJARAN MENYIMAK—BERBICARA

    I. Pendahuluan
    Di dalam pembelajaran bahasa Indonesia terdapat empat keterampilan berbahasa yang menjadi sasaran pokok, yaitu menyimak, berbicara, menuliS, dan membaca. Keterampilan menyimak dan berbicara dikategorikan dalam keterampilan berbahasa lisan, sedangkan keterampilan menulis dan membaca dikategorikan dalam keterampilan berbahasa tulis.
    Menyimak dan berbicara merupakan keterampilan berbahasa lisan yang amat fungsional dalam kehidupan manusia sehari-hari. Dengan keterampilan menyimak dan berbicara kita dapat memperoleh dan menyampaikan informasi. Kegiatan menyimak dan berbicara tidak dapat dipisahkan. Oleh sebab itu, siswa dituntut untuk mampu menyimak dan berbicara dengan baik.
    Agar pembelajaran berbahasa lisan memperoleh hasil yang baik, strategi pembelajaran yang digunakan guru harus memenuhi kriteria berikut.
    1) Relevan dengan tujuan pembelajaran
    2) Menantang dan merangsang siswa untuk belajar
    3) Mengembangkan kreativitas siswa secara individual ataupun kelompok.
    4) Memudahkan siswa memahami materi pelajaran
    5) Mengarahkan aktivitas belajar siswa kepada tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
    6) Mudah diterapkan dan tidak menuntut disediakannya peralatan yang rumit.
    7) Menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan.
    Sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) untuk SD, dapatlah dikemukakan beberapa strategi pembelajaran berbahasa lisan sebagai berikut.
    1) Simak – Kerjakan
    Model ucapan guru berisi kalimat perintah. Siswa mereaksi atas perintah guru. Reaksi siswa itu berbentuk perbuatan.
    2) Simak – Terka
    Guru mempersiapkan deskripsi sesuatu benda tanpa menyebut nama bendanya. Deskripsi itu disampaikan secara lisan kepada siswa. Kemudian siswa diminta menerka nama benda itu.
    3) Simak –Berantai
    Guru membisikkan suatu pesan kepada seorang siswa. Siswa tersebut membisikkan pesan itu kepada siswa kedua. Siswa kedua membisikkan pesan itu kepada siswa ketiga. Begir\tu seterusnya. Siswa trerakhir menyebuitkan pesan itu dengan suara jelas di depan kelas. Guru memeriksa apakah pesan itu benar-benar sampai pada siswa terakhir atau tidak.
    4) Identifikasi Kalimat Topik
    Guru membacakan sebuah paragraf lalu siswa menuliskan kalimat topiknya
    5) Pemberian Petunjuk
    Teknik pemberian petunjuk ini dilakukan dengan cara guru memberikan sevuah petunjuk, seperti petunjuk mengerjakan sesuatu, petunjuk mengenai arah atau letak suatu tempat yang memerlukan sejumlah persyaratan. Petunjuk harus jelas, singkat, dan tepat. Pemberi petunjuk ini dapat dilakukan oleh guru kepada murid atau sesama murid.
    6) Bermain Peran
    Bermain peran adalah simulasi tingkah laku dari orang yang diperankan. Tujuannya adalah (1) melatih siswa untuk menghadapi situasi yang sebenarnya, (2) melatih praktik berbahasa lisan secara intensif, dan (3) memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuannya berkomunikasi.
    Dalam bermain peran, siswa bertindak, berlaku, dan berbahasa seperti orang yang diperankannya. Dari segi bahasa berarti siswa harus mengenal dan dapat menggunakan ragam-ragam bahasa yang sesuai.
    7) Dramatisasi
    Dramatisasi atau bermain drama adalah kegiatan mementaskan lakon atau cerita. Biasanya cerita yang dilakonkan sudah dalam bentuk drama. Guru dan siswa terlebih dahulu harus mempersiapkan naskah atau skenario, perilaku, dan perlengkapan. Bermain drama lebih kompleks daripada bermain peran. Melalui dramatisasi, siswa dilatih untuk mengekspresikan perasaan dan pikirannya dalam bentuk bahasa lisan
    √       Pengertian Strategi Pembelajaran Bahasa
    Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia, strategi bermakna sebagai rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. Strategi dapat diartikan pula sebagai upaya untuk mensiasati agar tujuan suatu kegiatan dapat tercapai.
    Salah satu unsur dalam strategi pembelajaran adalah menguasai berbagai metoda/teknik pembelajaran. ciri suatu metoda/teknik pembelajaran yang baik adalah :
    a. mengundang rasa ingin tahu murid;
    b. menantang murid untuk belajar;
    c. memngaktifkan mental, fisik, dan psikis murid;
    d. memudahkan guru;
    e. mengembangkan kreativitas murid;
    f. mengembangkan pemahaman murid terhadap materi yang dipelajari.
    Penyimak yang baik apabila individu mampu menggunakan waktu ekstra untuk mengaktifkan pikiran pada saat menyimak. Ketika para siswa menyimak, perhatiannya tertuju pada objek bahan simakan. Pada saat itulah akan didapatkan proses menyimak yang efektif, menyimak yang lemah, dan menyimak yang kuat, sebagaimana dikemukakan oleh Campbell, dkk (2006:16) pada tabel berikut ini.
    Tabel : Menyimak yang Efektif
    Menyimak yang Efektif
    Menyimak yang Lemah
    Menyimak yang Kuat
    1.
    Temukan beberapa area minat
    Menghilangkan pelajaran yang “kering”
    Menggunakan peluang dengan bertanya “Apa isinya untuk saya?”
    2.
    Nilailah isinya, bukan penyampaiannya
    Menghilangkannya jika penyampaiannya jelek
    Menilai isi, melewati kesalahan-kesalahan penyampaian
    3.
    Tahanlah semangat Anda
    Cenderung berargumen
    Menyembunyikan penilaian sampai paham
    4.
    Dengarkan ide-ide
    Menyimak kenyataan
    Menyimak tema inti
    5.
    Bersikap fleksibel
    Membuat catatan intensif dengan memakai hanya satu sistem
    Membuat catatan lebih banyak. Memakai 4-5 sistem berbeda tergantung pembicara
    6.
    Bekerjalah saat menyimak
    Pura-pura menyimak
    Bekerja keras, menunjukkan keadaan tubuh yang aktif
    7.
    Menahan gangguan
    Mudah tergoda
    Berjuang/menghindari gangguan, toleransi pada kegiatan-kegiatan jelek, tahu cara berkonsentrasi
    8.
    Latihlah pikiran anda
    Menahan bahan yang sulit, mencari bahan yang sederhana
    Menggunakan bahan yang padat untuk melatih pikiran
    9.
    Bukalah pikiran anda
    Setuju dengan informasi jika mendukung ide-ide yang terbentuk sebelumnya
    Mempertimbangkan sudut pandang yang berbeda sebelum membentuk pendapat.
    10.
    Tulislah dengan huruf besar tentang fakta karena berpikir lebih cepat daripada berbicara
    Cenderung melamun bersama dengan pembicara yang lemah
    Menantang, mengantisipasi, merangkum, menimbang bukti, mendengar apa yang tersirat.
    II. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN MENYIMAK—BERBICARA
    Langkah-langkah dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas tinggi dalam keterampilan menyimak berbicara berdasarkan strateginya adalah sebagai berikut :
    ¨  STRATEGI MENYIMAK DAN BERPIKIR LANGSUNG MBL / DLTA (Direct Listening Thinking Activities)
    • Pra Simak
    Persiapan Menyimak :
    1. Pada tahap ini guru memberitahukan judul cerita yang akan disimak, misalnya “Saat Sendirian di Rumah”.
    2. Berdasarkan judul teresbut guru menanyakan kepada siswa misalnya: “Bagaimana seandainya malam hari sendirian di rumah?”
    3. Untuk membangkitkan imajinasi siswa guru bisa menunjukkan gambar rumah yang gelap.
    4. Selanjutnya guru mengajukan pertanyaan Apa kira-kira isi cerita yang akan dibacakan, apa yang kira-kira menarik dari cerita itu, bagaimana seandainya peristiwa itu terjadi pada kalian? Dan sebagainya.
    • Saat Simak
    Guru Membaca Nyaring :
    1. Guru membacakan cerita dengan suara nyaring secara menarik dan hidup
    2. Pada bagian tertentu yang dianggap memiliki hubungan dengan prediksi dan tujuan pembelajaran, guru menghentikan pembacaan dan mengajukan pertanyaan kepada siswa. Misalnya : “Apa kesimpulan yang kalian peroleh, apa yang terjadi kemudian, apa yang terjadi selanjutnya dsb.”
    3. Setelah tanya jawab dianggap cukup, guru melanjutkan membacakan lagi. Dan mengulangi langkah di poin kedua sampai cerita selesai.
    • Pasca Simak
    Refleksi :
    1. Guru mengakhiri pembacaan cerita
    2. selanjutnya guru meminta siswa untuk mengemukakan kembali isi cerita dan guru meminta pendapat siswa tentang unsur-unsur cerita, misalnya tentang watak tokoh, tentang alur, seting dan sebagainya secara lisan. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan menunjuk siswa maju ke depan untuk menceritakan kembali cerita yang telah dibacakan guru secara bergantian
    ¨ STRATEGI PERTANYAAN JAWABAN (PJ)
    • Pra Simak
    1. Guru mengemukakan judul bahan simakan
    2. Guru mengajukan pertanyaan berkenaan dengan isi simakan yang akan dibicarakan
    • Saat Simak
    1. Guru membacakan materi simakan. Pembacaan dapat dilakukan perbagian dengan diselingi pertanyaan atau dibacakan secara keseluruhan secara langsung
    • Pasca Simak
    1. Guru membacakan materi simakan. Pembacaan dapat dilakukan perbagian dengan diselingi pertanyaan atau dibacakan secara keseluruhan secara langsung
    2. Setelah materi simakan selesai dibacakan guru memberi kesempatan kepada siswa menanyakan hal-hal yang belum dipahami.
    3. Guru mengadakan tanya-jawab dengan siswa.
    4. Siswa mengemukakan kembali informasi yang telah diperoleh, (bisa secara tertulis atau lisan).
    ¨ STRATEGI KEGIATAN MENYIMAK SECARA LANGSUNG/KML ATAU DLA (DIRECT LISTENING ACTIVITIES)
    • Pra Simak
    1. Guru mengemukakan tujuan pembelajaran, membacakan judul teks simakan, bertanya jawab dengan siswa tentang hal-hal yang berkaitan dengan judul bahan simakan sebagai upaya untuk pembangkitan skemata siswa. Selanjutnya guru mengemukakan hal-hal pokok yang perlu dipahami siswa dalam menyimak
    • Saat Simak
    1. Guru meminta siswa mendengarkan materi simakan yang dibacakan oleh guru.
    • Pasca Simak
    1. Guru melakukan tanya jawab tentang isi simakan. Pertanyaan tidak selalu harus diikat oleh pertanyaan yang terdapat dalam buku. Guru hendaknya menambahkan pertanyaan yang dikaitkan dengan konteks kehidupan siswa atau masalah lain yang aktual.
    2. Guru memberikan latihan/tugas/kegiatan lain yang berfungsi untuk mengembangkan keterampilan siswa dalam menyimak.

  • 0 komentar: